Tips Hindari GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

Mengkonsumsi daging apalagi daging kambing hendaknya jangan terlalu berlebihan, karena hal ini dapat memicu timbulnya GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).


Faktor yang menginduksi timbulnya GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau aliran balik isi lambung termasuk asam lambung ke kerongkongan karena adanya kelemahan klep antara lambung dan kerongkongan.

deardoctor.com
Hal ini diperberat jika daging dimasak dengan santan yang berlebihan disertai bumbu masak yang merangsang, asam dan pedas.

Apalagi setelah mengonsumsi daging ini langsung tidur tentu kondisi ini akan memperburuk timbulnya GERD yang menyebabkan makanan di lambung berbalik arah ke kerongkongan.

Nah, berikut tips aman mengkonsumsi daging dan terhindar dari GERD ala Ketua Bidang Advokasi PB.PAPDI, Dr.dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH:

1. Sebaiknya jangan mengonsumsi daging secara berlebihan dalam waktu singkat, tetap mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

2. Hindari konsumsi secara bersamaan antara daging dengan jeroan seperti usus, otak, hati, paru atau limpa.

3. Jangan tidur dalam waktu dua jam setelah makan. Langsung tidur setelah makan akan memudahkan isi lambung termasuk asam lambung akan berbalik arah kembali ke kerongkongan.

Pada pasien yang memang sudah mengalami GERD maka konsumsi daging yang berlebih dan langsung tidur akan menyebabkan timbulnya panas di dada pada 4 dari 5 kasus GERD.

4. Hindari makanan yang terlalu asam dan pedas.

5. Setelah makan daging hindari minum kopi, alkohol atau minuman bersoda yang akan memperburuk timbulnya GERD tersebut.

6. Selama mengkonsumsi daging sebaiknya menghindari makanan yang mengandung coklat dan keju.
[mor] sumber: inilah.com


No comments:

Post a Comment

Pages